Jumat, 22 September 2017

Cucur Gembung


Sebenarnya sudah lama saya bikin si cucur gembung ini. Biasalah efek malas buka blog dapur jadi enggak diposting-posting, Karena cucur gembung ini enak jadi wajib ah diposting buat dokumentasi saya yang selalu lupa resep. Hayu ada juga enggak yang suka lupa resep? Padahal bikinnya sudah berkali-kali.

Saya mendapatkan resep ini dari grup LE di FB, resep ini yang share salah satu bunda yang terkenal di grup masakan yaitu Bunda Yunda Yun, Yang suka join grup masakan di FB pasti kenal sama bunda satu ini. Saya pribadi suka sekali dengan resep yang dishare beliau, karena rata-rata resepnya tidak rumit dan bahannya juga tidak susah didapat.

Si Cucur gembung ini mudah sekali bikinnya, bahannya pun mudah didapat dan mudah juga dihabisin alias laris manis dirumah. Awalnya saya penasaran saja dengan namanya cucur gembung dan tampilannya yang seperti tahu buled. Saya pikir mirip dengan cucur biasanya eh ternyata berbeda. 

Cucur gembung ini enak dimakan dengan apapun bisa dengan sambal kacang, saos sambal, dicocol selai jg enak. Kalau saya dan anak saya sukanya pakai gula tepung jadi seperti donat yang dibedakin, Si Babang Iyas doyan banget, entah berapa buletan yang dimakan dia. Kalau suami cuma icip sedikit saja karena pas saya bikin pas dia bangun kesiangan berangkat kerja hehehe.

Mau bikin juga? Ini dia resepnya :)

 

Resep Cucur Gembung
resep by : Yunda Yun

Bahan
2 gelas unjung terigu
2 gelas air mendidih
secubit garam
4 sdm gula pasir
2 sdm SKM

Cara Membuat
1. Didihkan air (yang dipakai harus air mendidih bukan air panas termos)
2. Dalam wadah campur bahan menjadi satu, kemudian masukkan air mendidihnya. Aduk rata dengan menggunakan spatula atau sendok sayur.
3. Ambil adonan dengan sendok kemudian bulatkan, lakukan hingga adonan habis. Jangan lupa tangan diberi air agar mulus saat membulatkan adonan.
4. Goreng adonan ke dalam minyak panas (minyak harus banyak ya), gunakan api sedang, Goreng hingga berubah warna.
5. Sajikan.

Ukuran gelas yang saya gunakan gelas belimbing biasa. Saat mengaduk adonan setelah dituang air mendidih gunakan spatula atau sendok sayur ya, karena panas donk kalau pakai tangan kecuali saat membulatkan baru pakai tangan ya.

Selamat Mencoba :)



Dapur Alaria
IG : @dapuralaria

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan ^____^