Kamis, 19 Mei 2011

Kwetiau Siram Udang

Hai Hai kembali lagi aku ke blog Resep Ria ini :D

Sekarang aku udah mulai rajin masak lagi, jadi kayaknya minimal tiap bulan ada masakan yg bakal nongol disini hehehe. Kemarin aku belajar masak kwetiau rebus. Jadi gini beberapa hari sebelumnya aku sempat beli kwetiau rebus nitip sama temen sih, nahhh dari situ koq aku jadi penasaran pengen bisa juga masak kwetiau rebus. Karena biasanya kan cuma bikin kwetiau biasa dikecapin.

Setelah searching2 di google aku dapet resepnya, aku belajar dari resep disini. Hampir sama sih resepnya cuma ada beberapa bahan yang aku tidak pakai dari resep aslinya.



Ini dia resepnya, dan seperti biasa mudah cocok buat yg baru belajar masak seperti aku.


Bahan
500gr Kwetiau
1/4 dada ayam *potong dadu atau suwir boleh*
Udang *semakin banyak semakin enak kaldunya*
3 siung Bawang Putih *cincang halus*
8 siung Bawang Merah *iris tipis*
Sawi Hijau *banyak sesuai selera*
1 Butir telur
Saus Tiram
Garam
Gula
Merica
Daun bawang *iris tipis*
Air secukupnya
Tepung kanji yang sudah dilarutkan air *kira2 1sdm*

Cara membuat
1. Rebus kwetiau sampai empuk *seperti masak mie*, angkat tiriskan
2. Tumis bawang merah dan bawang putih sampai harum, masukkan ayam. Kalau ayam kelihatan matang lalu masukkan udang. Masak hingga matang.
3. Masukkan air kira-kira 1 liter *lebih boleh kalo pengen banyak kuah*, masukkan garam secukupnya, merica secukupnya, gula sedikit, saus tiram secukupnya kira2 1sdm, masukkan telur hancurkan telurnya.
4. Jika air sudah agak mendidih masukkan daun sawi hijaunya, terakhir aku masukkan karena aku mau sawinya tetep seger kalau dimakan gak layu :). Lalu masukkan air kanjinya.
5. Mendidih angkat dan siram kuah diatas kwetiau yang sebelumnya sudah direbus, taburi daun bawang.

Dimakan selagi hangat nikmat banget loh, air kaldunya juga bener-bener kerasa banget. Walaupun tanpa penyedap rasa juga tetep enak, aku memang paling anti sih sama penyedap rasa hehehe.
Ayuk dicoba mudah koq, aku aja yang baru belajar masak bisa. ^______^
Happy Cooking.



Best Regards,
Resepria [Ria Nugroho]

5 komentar:

  1. eaaa, bisa dibuat untk bekal ke kantor :D

    BalasHapus
  2. @meutia : bisa2 mut enak dan mengenyangkan

    BalasHapus
  3. bikinin buat aku dunk....
    hehehehe

    BalasHapus
  4. @riesta : klo ke tangerang maen atuh kerumah nt aku bikinin deh buat riesta :D

    BalasHapus
  5. suit suitt, udah belajar masak berat nih.. ayoo mbak, terus masaaaakkk

    *padahal saya lagi malas bereksperimen, gk ada duit buat beli bahannya (curcol) hihihih

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan pesan ^____^