Senin, 31 Juli 2017

American Risoles Ekonomis


Sejak saya memiliki teflon kwalik, saya jadi suka bikin risoles untuk cemilan dirumah kadang untuk dijual diwarung. Karena memang jadi lebih mudah sekali membuat kulit risoles memakai teflon kwalik. Dulu tuh kalau pakai teflon biasa, hasil kulit risolesnya kadang suka ketebelan dan enggak sama rata besarnya. 


Risoles ini merupakan salah satu cemilan favorit saya. Kalau beli diluar paling murahnya harga 1000, tapi kalau makan satu mana cukup. Nah sekarang sudah bisa bikinnya jadi bisa makan sepuasnya deh. Satu resep ini bisa jadi sekitar 18 lembar kulit risoles. Untuk resep kulitnya saya sendiri suka gonta-ganti. Dan yang terakhir ini saya pakai resep yang saya dapat dari grup memasak, tapi saya lupa sumbernya dari siapa karena saya hanya copas ke note diHp saja.

Kenapa dijudul saya sebutkan American Risoles ekonomis? Karena memang modal bikin ini murah banget. Saya hanya memakai 2 buah sosis yang dipotong pajang kecil, lalu untuk pencelupnya saya tidak memakai putih telur melainkan saya memakai tepung terigu yang dicairkan. Kalau mau dijual harga 1000 ini masuk kayaknya.

Resep American Risoles Ekonomis
Sumber : Grup LE FB

Bahan Kulit
250 gr Tepung Terigu
1 butir Telur Ayam
2 sdt Tepung sagu/tapioka
1 sdm Susu Bubuk
1 sdt Garam
2 sdm Minyak Goreng
500 ml Air

Cara Membuat
1. Campurkan bahan kering yaitu tepung terigu, tepung sagu, susu bubuk dan garam ke dalam sebuah wadah.
2. Buat lubang ditengahnya kemudian masukkan telur lalu tambahkan air. Aduk rata dan terakhir masukkan minyak goreng, aduk rata kembali.
3. Adonan harus halus, jika masih bergrindil bisa disaring terlebih dahulu hingga adonan halus.
4. Dadar adonan pada teflon atau teflon kwalik. Lakukan hingga adonan habis.

Bahan isi
2 buah Sosis Sapi, potong korek api
2 slice Keju Slice, potong persegi panjang kecil
Mayonaise secukupnya

Cara Membuat
Susun bahan isi diatas kulit risoles, kemudian lipat kulit membentuk amplop. Rekatkan pinggiran menggunakan terigu yang dicairkan.

Bahan pelapis
Terigu secukupnya (enggak nimbang, kira-kira hampir 100 gr)
Air secukupnya
Garam secukupnya
Tepung roti

Cara Membuat
1. Campur semua bahan pelapis kecuali tepung roti, adonan jangan terlalu kental dan jangan terlalu cair. 
2.  Celup risoles ke adonan cair kemudian balur dengan tepung roti, jika ingin tebal bisa lakukan dua kali. 
3.  Simpan risoles dalam kulkas minimal 30 menit. Goreng hingga kecoklatan.
4. Sajikan.


Ekonomis kan bahannya. Ini bisa jadi bekal anak sekolah juga. Saya sengaja bikin untuk stock bekal Babang Iyas sekolah dan cemilannya si Babang dirumah. Waktu kemarin sakit panas, untung ada stock american risoles karena dia hanya mau makan itu saja pas sakit.

Selamat Mencoba.



IG : @dapuralaria
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan ^____^