Senin, 19 Desember 2016

CookingMama : Brownis 3 sdm


Fuh.. Fuh,,, sudah berdebu sekali blog ini, terakhir update 4 tahun yang lalu sebelum saya menikah. Saya terlalu asyik dengan blog personal, dan lebih sering update resep masakan di IG. Tapi setelah chit chat dengan diah, dan bikin tantangan masak CookingMama jadi pengen lagi deh update disini. Awalnya saya dan diah ingin bikin bolu jadul yang pernah kekinian di IG, namun diwaktu injury time kami sepakat mengganti tema brownis 3 sdm aja yang bikinnya lebih mudah. Kan baru pemanasan yang mudah-mudah dulu saja. Dengan resep super simple begini saja waktu 2 minggu, saya lama bikinnya. Maklum lah sudah menjadi emak-emak kalau mau berkreasi di dapur mesti cari waktu kosong.

Ini resep brownis yang paling simple dan irit, tapi rasanya juga tetap enak. Bahan yang digunakan tidak banyak, dan tidak perlu banyak peralatan masak jadi irit cucian juga. Satu lagi hanya membutuhkan panci kukusan tanpa oven. Soal rasa enak coklatnya berasa dan brownisnya pun lembut.


Sempat terjadi insiden juga sih saat membuat brownis ini kemarin. Hasil brownis kukus saya tidak mulus, bagian tengahnya menggelembung dan retak atasnya. Entahlah sebelumnya enggak begini mulus koq. Atau mungkin karena saya mengukusnya terlalu lama. Jadi saat proses mengukus saya tinggal kerjain kerjaan rumah, eh lupa lagi ngukus si brownis. Ada sekitar 30 menit lebih ngukusnya, padahal diresep 20 menit juga sudah matang. Akhirnya dipermak aja deh diratakan bagian atasnya, terus tutup pakai buttercream, taburin keju parut seluruh permukaan jadi cantik deh. Tapi malah jadi enak rasanya perpaduan rasa keju, buttercream dan coklat cocok banget.


Resep Brownis 3 Sdm

Bahan
3 sdm Tepung terigu serba guna
3 sdm coklat bubuk
3 sdm gula pasir
1 sachet SKM coklat
3 sdm air hangat
3 sdm minyak
1 butir telur ayam
1/2 sdt baking powder

Cara Membuat
1. Kocok telur dan gula (saya hanya mengocok dengan tangan menggunak whisker), hingga berbuih.
2. Masukkan terigu, coklat bubuk dan baking powder yang sudah diayak, lalu SKM coklat yang sudah diseduh dengan 3 sdm air hangat, aduk balik dengan spatula. Terakhir masukkan minyak, aduk rata.
3. Tuang adonan ke dalam loyang yang sudah dioles minyak sebelumnya, lalu kukus kurang lebih 20 menit. Lakukan tes tusuk, untuk mengetahui sudah matang atau belum.

Gimana mudah kan? Ini hasilnya cuma sedikit, saya bikin juga langsung ludes sama orang rumah. Iyas yang biasanya ogah-ogahan makan kue lumayan mau ambil 3 slice. Hey diah ayo setelah ini kita bikin apa lagi nih? Ada yang mau join juga tantangan masak ini, yuks biar rame dan seru, japri aja ya kalau mau ikutan juga.

Baca juga resep brownis 3 sdm punya Diah



DapurAlaRia

2 komentar:

  1. uhuuuuuyy, akhirnya ya Mbak ni blog ada postingan barunya juga. namanya juga baru yah :D

    ayoo besok mau buat apalagi ya Mbak?? lanjut WA aja yes ;)

    BalasHapus

Silahkan tinggalkan pesan ^____^