Senin, 19 Juni 2017

Gule Cincang Padang



Saya dan Suami memiliki kesukaan yang sama kalau membeli makanan di Rumah Makan Padang, yaitu gule cincang. Awalnya sih suami kalau membeli makanan padang lauknya ayam atau daging rendang, lalu melihat saya membeli lauk gule cincang dan nyobain eh jadi ketagihan juga dia.


Kalau beli gule cincangnya saja di Rumah Makan Padang harganya 10-15 rb tapi isinya cuma sedikit, banyak kuahnya. Karena tidak puas makannya kalau beli, Suami pun request minta dibuatkan gule cincang. Aslina saya langsung bingung, karena enggak biasa masak macam itu. Searching di google bahanya yang dipakai banyak banget, saya harus ke pasar membelinya. Malas rasanya ke pasar, saya biasa membeli bahan masakan hanya ke tukang sayur yang lewat saja.

Eh dapat rekomendasi dari mertua pakai bumbu instan merk cap pohon mangga saja, katanya rasanya lumayan. Saya pun coba membeli di warung, harganya murah hanya 3rb. Ternyata memang benar rasanya lumayan lah. Yang saya suka bumbu instannya tanpa MSG dan enggak ada unsur cabainya jadi aman masak untuk si Abang Iyas.

Resep Gule Cincang Padang

Bahan
250 gr jando/gajih cincang
1 gelas santan
Air secukupnya
Garam
Gula merah sesuai selera
2 lembar daun jeruk
1/2 sdm margarine

Bumbu halus
5 siung bawang merah
2 siung bawang putih
1 buah cabe merah besar (klo mau pedes 10 cabe merah keriting)
2 butir kemiri
1/2 sachet bumbu gule merk pohon mangga

Cara membuat
1. Potong kecil gajih, lalu rebus sebentar. Tiriskan.
2. Tumis bumbu halus dan daun jeruk hingga harum daj berubah warna.
3. Masukkan gajih, aduk rata. Tuang air secukupnya. Rebus kembali gajih.
4. Terakhir tuang santan dan magarine. Beri bumbu garam, lada bubuk dam gula merah. Koreksi rasa. Jika sudah mendidih matikan. Sesekali diaduk ya saat santan sdh masuk agar santan tidak pecah.


Ini makanan tidak sehat ya Mom jadi jangan terlalu sering mengkonsumsinya, sekali-kali boleh lah biar enggak ileran karena kepengen hehehe. Selamat mencoba


IG : @dapuralaria

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan ^____^