Sabtu, 10 Februari 2018

Bola Bola Nasi Bekal Untuk si Kecil


Sejak Babang Iyas sekolah nambah satu lagi hal yang bikin saya sulit tidur, yaitu memikirkan besok bawa bekal apa ya Babang Iyas. Padahal mah enggak ribet, tinggal beliin jajanan aja praktis enggak capek bebikinan. Tapi dasar saya senangnya yang repot-repot, maunya bekal masakan dari Uminya. Maksud hati sih biar selalu terkenang dalam hati Babang Iyas kalau sejak kecil dibawain bekal bikinan Uminya.

Awalnya sih saya suka bawain makanan berat seperti nasi dan lauk pauk. Tapi sekarang udah jarang, saya hanya bikini cemilan saja buat Babang Iyas. Nah, bola-bola nasi ini salah satu yang suka saya buatkan untuk Babang. Bikinnya cepet, habisnya juga cepet.

Saya memanfaatkan nasi sisa kemarin yang sayang kalau dibuang, tapi saya pakainya nasi lembek punya Adek Iyan. Soalnya kalau bikin nasi lembek satu slow cooker enggak pernah habis. Sayang kalau harus dibuang, jadi sama saya kalau enggak masuk perut saya ya dibikin cemilan untuk sarapan atau bekal seperti bola-bola nasi ini.


Resep Bola-Bola Nasi

Bahan
Nasi  secukupnya (saya pakai nasi sisa kemarin)
Keju parut
Wortel parut
Garam
Lada bubuk

Bahan Pelapis
Tepung terigu campur dengan air (tekstur semi kental)
Tepung roti

Cara Membuat
1. Campur semua bahan jadi satu. Kemudian bulatkan.
2. Celupkan bola nasi ke larutan tepung terigu, lalu balur dengan tepung roti.
3. Goreng bola nasi dengan api sedang. Goreng hingga kekuningan, angkat dan tiriskan

Saya enggak tuliskan takarannya karena semua hanya kira-kira saja, menyesuaikan juga dengan yang ada dirumah. Kalau enggak mau pakai garam bisa skip, tinggal banyakin lagi kejunya. Dan untuk pelapis saya tidak menggunakan telur, diganti dengan terigu yang dilarutkan air. Pakai terigu jauh lebih ekonomis pastinya dan enggak amis. Entah kenapa saya koq ngerasa kalau dilapis telur suka amis atau hanya perasaan saya saja. Kalau nasinya sulit dibulatkan bisa kasih telur atau kuning telur, biar mudah dibentuk. Saya pakai nasi lembeknya Adek Iyan jadi mudah dibentuk enggak dipakai telur lagi.

Selaat Mencoba.



@dapuralaria

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan ^____^