Kamis, 07 Juni 2018

Sambal Goreng Kentang Bakso So Good


Kalau sudah mendekati lebaran gini, saya mulai terbayang-bayang sambal goreng kentang ati buatan mama. Sejak saya kecil setiap tahun menu sambal goreng kentang ati sudah menjadi menu wajib untuk hidangan di hari raya. Sambal goreng kentang ati buatan mamah itu paling enak bagi saya, suami saya pun setuju kalau sambal goreng kentang ati buatan mamah lezat.


Saya pun sudah nyimpen resep dari mamah, buat masakin suami. Eh pas baca resep yang dikasih mamah ternyata sama saja seperti resep sambal goreng biasanya. “Tapi kenapa bisa berbeda ya?” pikir saya saat itu. Tanya-tanya lagi deh ke mamah, kata mamah yang membedakan itu mamah bikinnya dengan cinta tulus. Menurutnya masakan yang dimasak dengan cinta dan ikhlash maka akan terasa lebih lezat. Okeee Noted, langsung tersimpan dalam pikiran saya kata-kata dari mamah ini.

Menunggu hari raya masih seminggu lebih, saya sudah enggak sabar donk pengen makan sambal goreng kentang ati. Akhirnya tadi untuk buka puasa saya memasak sambal goreng deh, tapi masaknya tanpa ati karena dikulkas enggak ada ati adanya atiku. Bongkar freezer eh ada nemu bakso kuah So Good punya eyang ti. Ternyata eyang ti seleranya sama saya suka bakso kuah So Good, kata mamah sih si Bapak suka minta dibikinin bakso jadi suka nyetock dirumah.

Bakso Kuah So Good


Bakso kuah So Good ini memang enak, daging sapinya berasa, kenyalnya pas dan rasanya pun lezat. Untuk membuatnya menjadi bakso kuah pun mudah, cara saya bikin bakso kuah So Good hanya rebus baksonya dengan kuah kaldu atau air biasa, terus udah mateng kasih bumbu yang sudah tersedia dikemasan bakso kuah, tambahin irisan daun bawang, rebusan sayur dan extra bawang goreng jadi deh. Atau kalau Babang Iyas sukanya dijadiin bakso bakar, hanya saya lumuri dengan bumbu dalam kemasannya, kecap dan margarine, bakar deh gitu juga udah doyan banget si Babang. Pokoknya bisa de dijadiin masakan apapun bakso kuah So Good ini. Jadi enggak hanya jadi bakso kuah saja loh.

Nah sambal goreng kentang yang akan saya masak karena tidak punya ati sapi akhirnya saya pakein irisan bakso kuah So Good, maka jadi sambal goreng kentang bakso So Good deh. Membuatnya pun mudah, seperti biasa saya selalu memasak yang mudah dan cepat. Seperti apa resepnya? Simak yuk.


Resep Sambal Goreng Kentang Bakso So Good

Bahan
½ kg Kentang, potong dadu lalu goreng
1 bungkus Bakso kuah So Good, iris
1 sachet Bumbu instan Bakso kuah So Good (bumbu asin, cabe bubuk, bawang goreng)
1 sdm Gula
1 gelas belimbing Air
Jahe secukupnya, iris
Garam secukupnya
Lada bubuk secukupnya

Bumbu halus
6 siung Bawang merah
3 siung Bawang putih
1 buah tomat
3 buah Cabe merah besar

Cara Membuat
1. Tumis bumbu halus dan jahe hingga harum.
2. Tuang air, lalu masukan irisan bakso. Jika sudah mendidih masukan gula. Masak hingga mendidih dan kuah agak mengental.
3. Tuang bumbu asin dan cabe bubuk kemasan, beri garam dan lada bubuk. Koreksi rasa.
4. Masukan kentang goreng aduk rata, matikan api.
5. Sajikan dengan taburan bawang goreng.


Mudah bukan membuatnya, kalau mau lebih cepat lagi cabe merah bisa diganti dengan cabe bubuk untuk takaran ya suka-suka aja sesuai selera. Walaupun tanpa ati sapi, sambal goreng kentang ini tetap istimewa rasanya karena ada bakso So Good. Buka puasa tadi pun orang rumah pada lahap makannya, kakak juga sampai minta dibekal bawa pulang. Yeayy, senang kalau apa yang saya masak dengan cinta dilahap sama orang-orang tercinta.

Bagaimana dengan kalian penggemar bakso kuah So Good, sukanya dibikin jadi apa? Share ya dikolom komentar. Selamat berpuasa.




@dapuralaria

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Silahkan tinggalkan pesan ^____^